Essay untuk KSR PMI unit Unpad

Waktu mau masuk ksr pmi disuruh bikin esay ya? aku juga pengalaman kok. Nih simak ya! ga bagus bagus amat sih esaynya

  • My name here (NPM)
  • IlmuPerpustakaan
  • Fikom
  • Essay tentang KSR PMI

Kita semua pernah mendengar PMI.Mungkin ada beberapa orang yang sudah pernah mengikuti PMI.PMI tersebar di seluruh bagian negara Indonesia.

Jika dilihat lebih jauh, ide Palang Merah berasal sejak akhir abad 18.Untuk mengetahui mengenai Palang Merah lebih lanjut, kita harus mempelajarinya dalam skala internasional. Pada awalnya, Florence Nightingale yang merupakan seorang putri dari golongan bangsawan, mendirikan perkumpulan untuk mendidik juru rawat wanita. Karena kegigihannya, ia mendapatkan julukan the Lady with the Lamp (WanitaLentera) dari pasien dan tentara yang dirawat olehnya pada saat perang. Pada tanggal 17 Agustus 1856 atas anjuran Mr. Sidney Herbert, rakyat Inggris mengumpulkan uang sebanyak 45.000 poundsterling untuk mendirikan sekolah perawat yang dicita-citakannya. Yang kemudian disebut dengan nama Nightiangle Fond. Tahun 1883 Florence mendapat gelar The Royal Red Cross dan Order of Mert pada tahun 1907.

Jean Henry Dunant yang berasal dari Jenewa, Swiss, dibawa oleh ayanhnya ke Perancis atas pengejaran terhadap kaum Nasrani yang menganut Calvijn. Saat di Perancis, Jean membantu orang tuanya di YayasanAnak-Anak dan Perempuan. Beliau menuangkan pengalamannya yang ia dapat di Solverino Italia Utara saat membantu korban perang antara kerajaan Perancis yang bekerja sama dengan Sardinia untuk mengalahkan Austria, yang diterbitkan pada tahun 1862 yang berjudul Un Souvenir de Solverino atau Kenangan Solverino dimana menarik perhatian umum diantaranya 4 orang : Jendral Dufour, Mr. Maunior, Dr. Appiah, Gustavemoynier. Dan semua orang 5 itu membentuk Panitia lima untuk merintis cita –cita Henry Dunant.Pada tahun 1863 diadakan konferensi Diplomatik dengan mengasilkan Syahnya Organisasi Palang Merah beserta lambangnya. Dan Panitia lima tersebut berkembang menjadi Komite Internaasional PalangMerah (KIPM) dalam bahasa inggris disebut“ Committee of The Red Cross “ ( ICRC ) dengan lambang Palang Merah di atas dasar putih.

Berdirinya PalangMerah di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak masa sebelum Perang Dunia Ke-II. Saat itu, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 1873 Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan PalangMerah di Indonesia dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai), dikarenakan belum mampu mengatur organisasi palang Merahnya ,yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Perjuangan untuk mendirikan PalangMerah Indonesia sendiri diawali sekitar tahun 1932. Kegiatan tersebut dipeloporioleh Dr. RCL Senduk dan Dr. Bahder Djohan. Rencana tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia. Mereka berusaha keras membawa rancangan tersebut ke dalam sidang Konferensi Nerkai pada tahun 1940 walaupun akhirnya ditolak mentah-mentah

Akhirnya Perhimpunan Palang Merah Indonesia berhasil dibentuk pada 17 September 1945 dan merintis kegiatannya melalui bantuan korban perang revolusi kemerdekaan Republik  Indonesia dan pengembalian tawanan perangse kutumau pun Jepang.

PMI mendapat pengakuan secara Internasional pada tahun 1950 dengan menjadi anggota Palang Merah Internasional dan disahkan keberadaannya secara nasional melalui Keppres No.25 tahun 1959 dan kemudian diperkuat dengan Keppres No.246 tahun 1963.

Darah, penderitaan, dan tangisan telah tersaksikan oleh Palang Merah.Palang Merah adalah organisasi yang memusatkan kegiatannya untuk membantu orang-orang. Palang Merah mengumpulkan dana sumbangan untuk membantu  orang lain. Palang Merah memiliki peran besar saat menghadapi situasi genting seperti bencana alam, peperangan, serangan teroris, kecelakaan, bahkan ketika kondisi ekonomi yang semakin kritis.

KSR PMI memiliki tujuan sama seperti PMI pada umumnya, yaitu: Kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, Pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, Pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan Pelayanan transfusi darah ( sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 18 tahun 1980).

Dilihat dari tujuannya, ada hal-hal yang perlu digaris bawahidalam kata ‘sukarelawan’. KSR PMI tidak pernah memaksa seorang mahasiswa untuk mengikuti UKM ini. Yang nantinya akan menghasilkan tindakan ikhlas yang mendatangkan manfaaat bagi banyak orang. Jika melakukan suatu tindakan tanpa diiring rasa ikhlas, tindakan itu bukannya membawa manfaat, justru mendatangkan bencana. Karena menolong dan melayani sesorang harus diikuti dengan hati, supaya kegiatan itu tidak terasa melelahkan.

Karena keikhlasannya, KSR PMI akan selalu siap sedia dalam membantu dan merawat siapa pun yang membutuhkannya. Banyak kejadian tak terduga dan bencana alam yang mendorong untuk mendirikan KSR PMI ini sebagai penyedia dukungan dalam berbagai kegiatan dalam skala universitas. Kita tentumengetahui KSR PMI melakukan perjuangan keras untuk mencapai tujuannya, hal yang bisa kita lakukan untuk membantu KSR PMI adalah dengan mendukungnya, bahkan jika sanggup kita bisa mengikuti UKM ini. Sebab, KSR PMI adalah organisasi non profit, dan semua dukungan pastinya berguna dan bermanfaat. Diharapkan dengan bergabungnya penyusun dalam UKM ini, penyusun bisa memberikan kontribusi yang cukup untuk membantu keberlangsungan dalam setiap kegiatan KSR PMI.

 

Referensi: UMR PMR SMKN 1 Bandung

 

*nb: kalo ada yg mau nanya2 tentang kegiatan KSR PMI Unpad bisa nanya ke aku kok wkwk, gimana caranya? cukup comment aja di bawah! Sangat dianjurkan buat yg suka spoiler :p

Advertisements

6 thoughts on “Essay untuk KSR PMI unit Unpad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s