Review Wonderstruck by Brian Selznick

Sebenarnya banyak sih, buku-buku dari mizan fantasi yang menjadi favoritku. Sebut saja novel-novel karangan jostein gaarder dan beastly. Tapi bagiku yang paling berkesan di hati adalah buku wonderstruck ini. Why?

Wonderstruck by Brian Selznick menceritakan 2 orang tuna rungu yang bernama Rose dan Ben, keduanya dikisahkan secara berbeda, kisah Ben diceritakan dalam bentuk kata-kata, sedangkan Rose dikisahkan melalui gambar.

Ben adalah tuna rungu sebagian, dia tinggal bersama keluarga tantenya. Ketika Ben berkunjung ke rumahnya yang dulu ketika ibunya masih hidup, Ben tersambar petir pada saat ia sedang bertelepon. Sehingga Ben menyebabkan tuna rungu secara utuh. Sebelum ia tersambar petir, Ben menemukan buku wonderstruck dan sebuah liontin berisi foto seorang laki-laki, ben menduga laki-laki ini adalah ayahnya. Dengan bermodalkan liontin dan buku wonderstruck, Ben nekat pergi ke New York untuk mencari ayahnya.

Sedangkan Rose, adalah tuna rungu seluruhnya. Kisah Rose dituliskan dalam bentuk gambar, jadi ketika kita membaca buku ini, kita terus bertanya-tanya siapa tokoh Rose ini, dan mengapa ia sangat sedih.

Dikisahkan pada tahun 1977, buku ini menjadi book trip bagi pembacanya yang ingin mengetahui bagaimana rasanya menjadi tuna rungu, dan bagaimana mereka diperlakukan pada masa itu. Penyajian bukunya pun menarik, sebagian cerita dikisahkan melalui gambar kemudian dilanjuti tulisan. Gambar-tulisan-gambar-tulisan, dst. Jadi ketika membaca buku ini ekspresiku menjadi ‘-‘ :0 ‘-‘ :0 rasanya seperti menonton film dan membaca buku secara bersamaan.

Brian Selznick menyajikan ilustrasi yang sangat indah, detailnya sangat realistis dan benar-benar menggambarkan situasi pada masa itu. Selain untuk hiburan, buku ini juga bisa menjadi referensi untuk yang sedang belajar menggambar.

Dicetak dengan 500 halaman dan 50% ilustrasi, kalian pasti mengira buku ini harganya sekitar 100 ribu, tapi mizanstore menjualnya cuma 20 ribu loh! Selain ceritanya menarik, harganya pun murah. Itu deh yang bikin aku cinta sama buku ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s